Laman

Selasa, 10 Januari 2012

Manusia dan Tanggung Jawab


Tanggung jawab merupakan suatu hal yang wajib dimiliki seorang manusia terutama bagi seorang laki-laki. Suatu tanggung jawab diberikan kepada seseorang karena orang tersebut diberikan kepercayaan lebih. Seperti seorang anak yang diberikan tanggung jawab atas perkuliahan mereka dari orang tuanya akan tetapi anak tersebut memperoleh hasil yang kurang memuaskan hal ini terjadi karena si anak masih belum mampu diberikan kepercayaan oleh orang tuanya sebab dalam mengurus masa depannya saja dia masih belum bisa menjalaninya. 


Hidup manusia tidak akan lepas dari tanggung jawab mereka masing-masing baik seorang anak maupun orang tua. Tanggung jawab itu bersifat umum, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa manusia pasti memikul tanggung jawab. Bila seseorang tidak mau bertanggung jawab, maka seorang yang lain yang akan memaksanya melakukan tanggung jawab tersebut. Seperti seorang penjahat yang telah melakukan kejahatan ia harus berani mengakuinya apabila ia tidak berani bertanggung jawab maka pihak lain yang akan menyelesaikannya baik secara individu maupun kemasyarakatan karena tidakannya sudah merugikan orang lain.


Tanggung jawab itu suatu kepentingan yang pasti dimiliki manusia seperti tanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga, dan kepada Tuhan. Itu semua di terima manusia sesuai kodrat dan kemampuan mereka dalam melaksanakannya supaya kehidupan manusia lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar